Entri yang Diunggulkan

THE NEW ERA - CYBERSPACE (DUNIA MAYA), SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA

THE NEW ERA – CYBERSPACE (DUNIA MAYA) SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA Peradaban dunia kini berubah begitu cepat, dunia seakan menjadi kec...

Sabtu, 27 Februari 2016

SINOPSIS BUKU - SQM (SUPER QUICK MANAGEMENT)

SINOPSIS BUKU SQM – SUPER QUICK MANAGEMENT


QSM – Super Quick Managent adalah suatu panduan praktis dan sederhana dalam menangani tugas manajement. Dengan tingkat kesibukan dari para Manajer atau Pemimpin yang super sibuk, membuat saya mencoba melakukan pendekatan yang praktis dalam menyajikan materi manajement untuk para manajer atau pimpinan perusahaan ataupun organisasi ataupun institusi pemerintah. Perkembangan dunia yang demikian pesat sebagai akibat kemujuan teknologi terutama teknologi telekomunikasi, komputer yang telah dimerger dengan kemajuan media, sehingga penyebaran informasi menjadi demikian pesat dan berimbas pada pesatnya pengaruh globalisasi. Penyebaran suatu konsep, gagasan baru juga ikut mendunia. Seperti gagasan tentang mega trend, new era, new thoughts, human potentials movement, new ages, yang telah menggeser paradigma berpikir masyarakat di seluruh belahan dunia. 
Perubahan yang bergitu drastis menuntut dunia manajemen harus berbenah diri untuk menyesuaikan dengan perkembangan masyarakat yang telah mengalami perubahan paradigma berpikir, yang ikut mempengaruhi prilaku sosial saat ini. Dalam kesibukan apapun para Manajer dan Pemimpin dituntut untuk tetap meng-upgrade diri guna mengikuti perkembangan dalam dunia Manajemen. Untuk mencoba beradaptasi dengan situasi dan kondisi para Manajer dan Pimpinan, maka buku ini disusun sesederhana mungkin, namun kontennya disesuiakan dengan kebutuhan manajemen saat ini. Saya mencoba menampilkan buku ini dengan menonjokan kepraktisan serta lebih melakukan pendekatan pragmatis dalam penyajiannya.
Pengalaman bekarir baik sebagai karyawan biasa selama 11 tahun maupun sebagai  manajer dan direksi selama 22 tahun  di berbagai perusahaan baik swasta maupun perusahaan pemerintah telah menyisahkan beragam macam pengalaman, sehingga sangat memahami bagaimana mengatur dan memimpin karyawan untuk bisa bekerja lebih efektif dan efisien, agar dapat mencapai tujuan  perusahaan.
Agar aktifitas dalam perusahaan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan oleh perusahaan, maka haruslah ada titik temu antara kepentingan karyawan dengan kepentingan perusahaan.  Harus ada konsolidasi antara kedua kepentingan tersebut, sehingga terjadilah suatu akselerasi gerakan yang harmonis dalam mencapai tujuan perusahaan. Kedua keinginan, harapan ataupun kepentingan tersebut baik kepentingan pegawai maupun kepentingan  perusahaan perlu disinergikan. Hasil sinergi dari kedua kepentingan itulah yang akan menjadi suatu kekuatan yang luar biasa, kekuatan yang sangat powerful untuk mencapai tujuan perusahaan. Membutuhkan suatu keterbukaan, kesepahaman, ataupun kesepakatan bersama untuk menjaga keharmonisan dalam lingkungan perusahaan, membina hubungan yang saling menguntungkan bukan saling merusak, menghargai hak masing-masing pihak, serta berkomitment untuk melakukan kewajiban dari masing-masing pihak.
Manajement dalam penerapannya selalu berkembang, dari waktu ke waktu.  Sedangkan untuk implementasinya sangat tergantung pada situasi, kondisi dan budaya pada masing-masing perusahaan. Oleh karena itu, dengan melakukan pengamatan, bahkan dalam praktek pelaksanaan selama bekerja dalam kurung waktu kurang lebih 33 tahun sebagai karyawan, 11 tahun sebagai pegawai biasa, dan 22 tahun dalam jabatan sebagai Manajer dan Direksi, belum lagi pengalaman di pemerintahan dan partai politik kurang lebih 15 tahun, maka saya telah menemukan, bahwa dari semua prinsip manajement yang ada, sesungguhnya dapat saya polakan menjadi begitu sederhana, yang saya hanya kelompokkan kedalam 3 (tiga) fungsi utama yaitu ; Involvement, Action dan Appraisement.
Ketiga fungsi ini saya telah rangkum dalam suatu fungsi management yang penyajian materinya berpedoman pada ; Simplified, penyajian materinya diperumudah, sehingga mudah untuk dipahami dan diterapkan. Practical in implementation atau praktis dalam penerapannya, efektif dan efisen dalam pencapaian tujuan dan sasarannya.
Sedangkan prinsip yang dianut dalam pendekantan Manajemen yang saya sajikan adalah ; Pertama, menempatkan “Manusia” sebagai kekuatan inti dalam mencapai tujuan perusahaan dengan mengutamakan “Kesamaan Derajat” dan “Menjaga Pola Hubungan Yang Seimbang”, sehingga tercipta suatu situasi dan kondisi yang aman, nyaman dan harmonis dalam lingkungan persahaan atau lingkungan sosial yang ada. Kedua, mengedepankan profesionalisme, oleh karena itu menekankan pemanfaatan tenaga yang “Berbasis Kompetensi”. Ketiga, menggunakan “Standar Pengawasan (Supervision) dan Penilaian Yang Jelas”. Keempat, memberikan “Umpan Balik (Feedback) dengan teknik komunikasi yang efektif.  Kelima, penerapan “Punishment and Reward” yang “Cepat”, “Tepat” dan “Tegas”.
Dengan mengacu pada prinsip tersebut maka fungsi management yang saya gagas, saya sebut sebagai SQM – Super Quick Management. SQM – Super Quick Management suatu pola management yang mendasari prinsip sebagaimana saya ungkapkan di atas, yaitu menjalankan interaksi dalam lingkungan perusahaan yang menonjolkan Kesetaraan dan Keseimbangan untuk mencapai Keharmonisan dalam lingkungan perusahaan atau lingkungan sosial, menonjolkan Profesionalisme, oleh karena itu menerapkan pemanfaatan SDM berbasis Kompetansi, mengedepankan Profesionalisme dalam Pengawasan dan Evaluasi atau penilaian, serta penerapan Punishment and Reward yang Cepat, Tepat dan Tegas.
SQM – Super Quick Management ini tidak hanya diterapakan dan dibudayakan dalam lingkungan perusahaan, namun dapat juga diterapkan dan dibudayakan pada lingkungan sosial yang lain seperti rumah tangga, organisasi sosial, bahkan juga pada institusi Pemerintah.
Demikianlah sekilas gambaran dari pola manajemen SQM – Super Quick Management yang dapat saya sampaikan. Harapan saya, dari gambaran singkat ini dapat membantu untuk memberikan gambaran atas keseluruhan kontent dari buku ini. Saya sangat mengharapkan kita dapat bekerjasama sehingga buku ini dapat dicetak, dan bisa sampai ketangan masyarakat, dan dapat memperkaya wawasan para Manajer ataupun Pemimpin di Bangsa ini.
Semoga Tuhan selalu menyertai kita semua. Saya selalu percaya, setiap niat baik pasti akan ada jalan keluarnya.
                                                                                             
Oleh

                                                                                      
Helfried Lombo
                                                              
Email : lombohelfried@gmail.com

                                                                     
Phone : 081293766633

Tidak ada komentar:

Posting Komentar