Entri yang Diunggulkan

THE NEW ERA - CYBERSPACE (DUNIA MAYA), SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA

THE NEW ERA – CYBERSPACE (DUNIA MAYA) SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA Peradaban dunia kini berubah begitu cepat, dunia seakan menjadi kec...

Minggu, 07 Februari 2016

MUNAFIK, adalah salah satu sifat jelek yang menghambat kemajuan seseorang


                                                                   Munafik (Hipokrit)

Munafik menurut www.artikata.com mengandung arti : berpura-pura percaya atau setia dan sebagainya kepada agama dan sebagainya, tetapi sebenarnya dalam hatinya tidak; suka (selalu) mengatakan sesuatu yg tidak sesuai dengan perbuatannya; bermuka dua.
Dalam http://dictionary.reference.com/browse/hypocrite dijelaskan bahwa munafik (hypocrite) is : 1. a person who pretends to have virtues, moral or religious beliefs, principles, etc., that he or she does not actually possess, especially a person whose actions belie stated beliefs. 2. a person who feigns some desirable or publicly approved attitude, especially one whose private life, opinions, or statements belie his or her public statements. Terjemahannya : 1. Seseorang yang berpura-pura memiliki kebajikan, keyakinan moral atau agama, prinsip-prinsip, dll, dimana ia tidak benar-benar memiliki, terutama orang yang tindakannya yang bertentangan dengan keyakinannya. 2. orang yang berpura-pura berprilaku sebagai sesuatu yang dikehendakinya atau sikap yang diterima oleh publik, terutama kehidupan pribadi, opini-opini, atau pernyataan publik yang membohongi.
Dari pengertian di atas, seseorang dikatakan munafik adalah ketika dia melakukan suatu tindakan yang bertentangan dengan keyakinan atau prinsip hidupnya. Contoh : Si John sebenarnya tidak suka dengan sifatnya Hendri. Tetapi di depan Hendri, John selalu memujinya. Munafik adalah melakukan tindakan atau perbuatan yang bertentangan dengan hati nurani, keyakinan, prinsip atau apa yang sebenarnya terkandaung dalam pikiranya. Atau munafik juga bisa dikatakan sebagai sikap bermuka dua, atau hidup bersandiwara.
Ada banyak alasan seseorang berlaku munafik atau hipokrit. Adapun alasan seseorang berlaku munafik adalah; 1. Untuk mencoba mengambil hati orang lain. 2. Tidak mau mengecewakan orang lain. 3. Menjaga kewibawaan atau harga diri.
Keburukan dari sifat munafik adalah ; 1. Memberikan gambaran yang keliru tentang diri kita kepada orang lain, karena informasi atau pesan yang kita sampaikan tidak benar tentang apa yang terkandung dalam hati kita. 2. Kita menipu diri sendiri dengan bersikap munafik. 3. Tidak membangun orang lain. Artnya, kalau kita tau bahwa apa yang dibuat orang lain salah atau tidak benar, atau tidak baik, lebih baik kita katakan saja dengan jujur. Siapa tau dengan kejujuran kita, kita membantu menyadarkan dia.

Upaya menghilangkan sifat munafik adalah ; 1. Bersikap jujur dan tulus kepada orang lain. Berterus terang menyampaikan kekurangan orang lain, asalkan kita sampaikan dengan niat yang baik, adalah jauh lebih baik dari pada kita menutupi atau mendiamkannya. 2. Kita harus berani menyampaikan apa yang menjadi prinsip kita. Masalah orang lain setuju atau tidak, menerima atau tidak, adalah masalah mereka. Prinsip harus kita pertahankan dan sampaikan kepada orang lain. 3. Berpegang teguh kepada keyakinan, dan prinsip yang baik yang kita anut dalam hidup kita. Mempertahankan prinsip hidup yang baik, akan menjauhkan segalah sifat buruk yang ada atau yang akan masuk kedalam pikiran kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar