Entri yang Diunggulkan

THE NEW ERA - CYBERSPACE (DUNIA MAYA), SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA

THE NEW ERA – CYBERSPACE (DUNIA MAYA) SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA Peradaban dunia kini berubah begitu cepat, dunia seakan menjadi kec...

Minggu, 07 Februari 2016

PENTINGNYA SUATU PRINSIP DALAM KEHIDUPAN

                                             MEMILIKI PRINSIP HIDUP YANG KUAT.

Sebelum membahas lebih jauh tentang Prinsip Hidup, adalah lebih baik saya jelaskan terlebih dahulu arti dari prinsip itu sendiri. Adapun pengertian prinsip menurut kamus dan pandangan para ahli adalah sbb :
v  Menurut Kamus Bahasa Indonesia, Prinsip adalah asas, kebenaran yang jadi pokok dasar orang berpikir, bertindak, dan sebagainya.
v  Russel Swanburg, Prinsip adalah kebenaran yang mendasar, hukum atau doktrin yang mendasari gagasan.
v  Toto Asmara, Prinsip adalah hal yang secara fundamental menjadi martabat diri atau dengan kata lain, prinsip adalah bagian paling hakiki dari harga diri.
v  Udo Yain Effendi Majdi, Prinsip adalah pedoman berprilaku yang terbukti mempunyai nilai yang langgeng dan permanen.
v  Ahmad Jauhar Tauhid, Prinsip adalah pandangan yang menjadi panduan bagi perilaku manusia yang telah terbukti dan bertahan sekian lama.
v  Herry Tjahjono, Prinsip adalah hukum alam dan sudah jadi kebenaran hakiki.
v  Awang, Widayanti, Himmah, Astuti, Septiana, Solehudin Noveanto, Prinsip adalah suatu aturan dasar yang mendasari pola berpikir atau bertindak.
v  Andi Yohanes, Prinsip adalah hukum, tidak bisa tidak, harus seperti itu.
v  Samuel S. Lusi, Prinsip adalah panduan yang mengompasi hidup anda untuk kembali ke diri sejati anda.

Dari pengertian yang telah dijelaskan di atas baik menurut Kamus Bahasa Indonesia maupun pandangan para ahli, maka saya dapat memberikan definisi prinsip menurut pemahaman saya; “Prinsip adalah suatu asas atau nilai yang diyakini kebenarannya, yang menjadi pedoman untuk berpikir, bersikap dan berprilaku.”
Prinsip inilah yang menjadi prinsip hidup seseorang yang menjadi salah satu dasar pertimbangan untuk bersikap, mengambil keputusan dan bertindak dalam menanggapi stimulus yang diterima melalui panca indera, naluri atau ataupun intuisi batin.
Ketika seseorang memiliki prinsip hidup yang kuat, maka dalam setiap mengambil keputusan, sikap dan tindakan, dia tidak akan hilang kendali dalam menentukan sikap atau bertindak. Ketika sekelompok orang dihadapkan pada persoalan yang sama, cara mereka merespon persoalan tersebut belum tentu akan sama. Kenapa demikian, karena prinsip yang dianutnya, cara pandang serta kebiasaan dan kebutuhan hidup setiap orang berbeda. Itulah sebabnya cara merespon terhadap suatu stimulus akan berbeda pula.
Ada banyak pandangan para ahli tentang prinsip yang benar dan yang baik. Namun saya lebih fokus kepada prinsip yang sangat mendasar dalam kehidupan ini, yaitu prinsip hidup yang mengarahkan seseorang menjadi hebat, sukses dan bahagia.
Suatu prinsip hidup yang saya yakini dapat membentuk sifat, watak, kharakter atau tabiat seseorang menjadi lebih baik. Suatu prinsip hidup yang menuntun seseorang bertindak dan berperilaku lebih baik, sehingga dapat diterima oleh kebanyakan orang. Prinsip yang menuntun seseorang menjadi panutan, yang kehadirannya selalu diharapkan oleh banyak orang, yang pribadinya menyenangkan dan menjadi inspirasi bagi orang lain.
Adapun prinsip-prinsip hidup yang ingin saya kedepankan adalah ; 1. Percaya dan yakin sepenuhnya  kepada Allah. 2. Cinta kasih, akar segala kebaikan. 3. Berkarya sesuai Passion. 4. Menghargai perbedaan dan hak asasi. 5. Keseimbangan untuk keharmonisan. 6. Menjadi pribadi yang berpikir positif, proaktif, kreatif dan inovatif.  7. Hidup bersyukur.
Untuk lebih memberikan pemahaman yang lebih jelas maka perlu saya uraikan prinsip-prinsip hidup tersebut satu persatu sbb :



 -   BACA LANJUTANNYA ;-  BY HELFRIED LOMBO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar