Entri yang Diunggulkan

THE NEW ERA - CYBERSPACE (DUNIA MAYA), SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA

THE NEW ERA – CYBERSPACE (DUNIA MAYA) SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA Peradaban dunia kini berubah begitu cepat, dunia seakan menjadi kec...

Rabu, 10 Februari 2016

MENGEMBANGKAN KAPASITAS DIRI.

                            MEMBANGUN KAPASITAS ATAU KEMAMPUAN DIRI

Kapasitas menurut Kamus Bahasa Indonesia berarti : 1 ruang yang tersedia; daya tampung; 2 daya serap (panas, listrik, dan sebagainya); 3 keluaran maksimum; kemampuan berproduksi; 4 El kemampuan kapasitor untuk menghimpun muatan listrik (diukur dalam satuan farad).
Kapasitas menurut Free Dictionary berarti ; 1. Kemampuan. 2. Kemampuan yang memiliki potensi untuk pengembangan atau penggunaan: mahasiswa berkemampuan besar. 3. Kapasitas yang digunakan, atau dikembangkan untuk tujuan tertentu: kemampuan nuklir.
Agar seseorang bisa berkualitas, maka kapasitas atau kemampuan yang ada pada dirinya haruslah ditumbuh kembangkan. Menumbuh kembangkan kapasitas diri haruslah dilakukan secara holistik. Karena kemampuan diri adalah menyangkut fisik, intelektual dan spiritual. Oleh karena itu, untuk menyiapkan diri menjadi pribadi yang hebat, sukses dan bahagia, haruslah kita menyiapkan diri dalam kontes menyeluruh atau holitik, yaitu menyangkut fisik, spritul, emosi, dan intelektual.
A.      Kemampuan fisik.
Kesiapan untuk memili anak yang secara fisik baik, sebenarnya menyangkut persiapan yang panjang. Sekiranya merencanakan untuk memiliki anak yang sehat secara fisik dan mempunyai kualitas fisik yang prima, saat ini sudah dapat direncanakan dari awal. Bahkan ketika kedua pasangan suami istri merencanakan untuk memiliki anak, maka sebaiknya sudah berkonsultasi dengan dokter specialis kandungan dan spesialis gizi.  Karena hal tersebut menyangkut persiapan gizi dan pengawasan kesehatan bayi dalam kandungan. Hal tersebut sudah menyangkut kebugaran fisik, keseimbangan gizi, ketengan batin, terutama seorang isteri. Namun kesehatan suami juga haruslah diperhatikan, baik kebugaran, keseimbangan gizi dan ketenangan batinnya, karena akan menentukan kesehatan sperma. Dari situlah sesungguhnya berawal kesehatan dari bayi, yaitu dari sperma yang sehat, dan juga sel indung telur dari calon ibu, haruslah sehat.
Konsultasi dengan special kandungan dan gizi sangatlah diperlukan kalau memang mau merencakan kelahiran bayi dalam rumah tangga. Namun di atas segalanya, memohon perlindungan dari Yang Maha Kuasa tentu merupakan kunci utama. Manusia hanyalah bisa merencanakan, namun Tuhanlah yang mengatur dan menentukan semuanya. Itulah sebabnya, memiliki anak yang berkualitas adalah proses yang harus dilakukan secara holistic, karena menyangkut banyak hal yang saling terkait. Secara Spiritual, kita harus percaya bahwa Tuhanlah yang Maha Mengetahui, dan secara logika, kita juga bisa melakukan langkah yang secara akal sehat dan ilmu pengetahuan dapat kita lakukan seperti melakukan persiapan fisik dengan menjaga kebugaran fisik melalui olah raga rutin, dan keseimbangan gizi, serta menjaga ketenangan batin. Kita harus mampu mengintegrasikan dan mensinergikan kekutatan fisik, intelektual dan spiritual yang kita miliki untuk mampu merencakan kelahiran bayi sang sehat.
Lalu dalam pertumbuhanya kita harus menjaga kecukupan gizi yang baik, melakukan latihan fisik untuk melatih ototnya agar menjadi kuat dengan membekali mereka dengan kegiatan olah raga yang mereka senangi, serta menjaga kestabilan batin mereka. Kita harus rajin membekali diri kita dengan pengetahuan tentang perkembangan motorik dan sensorik pada anak, haruslah kita pahami. Oleh karena itu, adalah lebih baik, kita juga memahami akan perkembangan anak agar kita bisa mengerti bagaimana mengikuti perkembangan anak, dan dapat menjaga agar alur perkembangan baik fisik, dan kejiwaannya berkembang ke arah yang sesuai dengan harapan orang tua.
Untuk menjaga pertumbuhan fisik yang sehat, maka kita harus melakuan langkah NEW START, yaitu Nutrition (Nutrisi), Exercise (Olah Raga), Water (Air), Sun (Matahari), Temprence (menghindari minuman beralkohol), Air (Udara), Rest (Istirahat) and Trust in God (Percaya kepada Allah).
Nutrition (Nutrisi/Gizi), sangat diperlukan agar manusia bisa hidup sehat.  Kita harus mempunyai kecukupan dan keseimbangan gizi atau nutrisi dalam tubuh. Proporsi makanan yang baik adalah mengikuti struktur tubuh kita. Tubuh manusia terdiri air dari 60 % - 70 %. Oleh karena itu, makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah makanan yang banyak mengandung cairan, seperti buah-buahan dan sayuran. Tubuh memerlukan kabonhidrat, protein, vitamin dan mineral secara seimbang untuk bisa sehat. Oleh karena itu kita harus mengerti mengola makanan yang baik agar tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Selain cukup, gizi harus disajikan secara berimbang. Untuk protein, sebaiknya kurangi protein dari hewan, karena lemak hewan mengandung banyak kolestrol, dan tidak sehat untuk tubuh. Sumber protein yang paling sehat adalah dari kacang-kacangan dan ikan. Kalaupun mengkonsumsi daging hewan, sebaiknya dibatasi.
Exercise (Olah Raga), sangat diperlukan untuk bisa menguatkan otot dan juga tulang. Olah raga juga sangat diperlukan untuk melancarkan darah. Semakin lancar darah maka supply oksigen ke seluruh tubuh, terutama otak dan jantung akan cukup. Selain Oksigen, darah juga mengangkut nutrisi yang diperlukan oleh sel tubuh baik untuk menyegarkan sel, juga untuk mengganti sel yang telah rusak. Kurang lancarnya darah mengalir menyebabkan nutrisi yang diperlukan oleh sel dalam tubuh menjadi kurang. Hal ini tentu akan mengganggu kesehatan tubuh kita.
Water (Air), sangat diperlukan dalam tubuh. Tubuh terdiri dari 60% - 70 % air. Selain dari makanan, tentu kita harus juga menambah kebutuhan air dalam tubuh melalui minuman. Minuman yang sehat yang diperlukan oleh tubuh tentu adalah air minum yang biasa kita konsumsi. Ada banyak air yang sehat untuk tubuh, seperti air kelapa, air yang terdapat dalam buah-buahan dan juga sayur-sayuran. Oleh karena itu meminum juice adalah sehat untuk tubuh, karena selain airnya yang diperlukan, juga sudah terdapat kandungan gizi didalam buah atau sayur-sayuran tersebut. Meminum juice yang baik, adalah tanpa menambah gula dalam juice tersebut. Kalau memang memerlukan pemanis, sebaiknya ditambah dengan madu. Karena madu dalam jumlah cuku, juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pengggunaan madu yang baik paling tinggi 3 (tiga) sendok satu hari. Madu kaya dengan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Ada terdapat 181 macam zat yang terdapat dalam madu. Yang paling penting bahwa gula di dalam madu adalah sangat baik untuk tubuh, dan kaya akan zat anti oksidan, sehingga bisa menetralisir partikel bebas dan juga mengandung antibiotik yang baik untuh tubuh.
Sun (Matahari), sangat sangat diperlukan oleh tubuh. Terutama sinar matahari di pagi hari, adalah sangat baik. Beberapa manfaat dari sinar matahari seperti membantu produksi vitamin D, membantu penyerapan kalsium oleh karena itu memperkuat tulang. Selain itu, juga membunuh bakteri, virus dan jamur. Melancarkan peredaran darah, membakar kolestrol dan juga membakar gula dalam darah.
Temperence (pembantasan untuk minuman beralkohol), sangatlah diperlukan agar tubuh kita tidak mengalami gangguan, terutama pada fungsi pencerhaan, hati dan ginjal. Kelebihan mengkonsumsi alkolhol, bisa mengganggu pencernaan. Karena alcohol bukanlah zat yang diperlukan oleh tubuh, sehingga tubuh akan bereaksi ketika menerima alcohol, dan menyembabkan orang muntah. Dengan muntah, maka akan menyebabkan luka pada lambung karena tekanan yang terlalu kuat untuk mengeluarkan racun atau zat yang tidak diperlukan oleh tubuh.
Selain mengganggu lambung, alcohol akan merusak sel dalam liver atau hati, lama kelamaan akan menyebabkan sisoris hati. Penyakit sisorsis hati adalah gangguan pada hati, dimana hati tidak dapat berfungsi lagi. Sementara peran hati dalam sistem metabolism sangat penting. Sirosis hati ini bisa diakibatkan oleh karena hepatitis, dan juga karena konsumsi alcohol yang berlebihan. Oleh karena itu, untuk menjaga fungsi hati bekerja maksimal, maka hindarilah mengkonsumsi alcohol tersebut. Alkohol juga selain mengganggu lambung dan hati, juga mengganggu ginjal dan otak. Kesadaran orang yang mengkonsumsi alcohol akan terganggu, dan bisa berpengaruh pada sistem kerja otak. Dan lebih parah lagi, emosinya menjadi terganggu dan hilang kendali diri, sehingga mudah marah dan berontak. Itulah sebabnya, menggkonsumsi alkohol sebaiknya dijauhkan, karena berakibat buruk pada kesehatan fisik bahkan mental seseorang.
Air (Udara), sangat kita perlukan oleh tubuh kita. Manusia memerlukan sekitar 0.5 liter udara setiap kali bernapas. Dalam 1 menit, orang dewasa bisa bernapas 20 X. Jadi dalam 1 menit kita bisa menghirup udara sebesar 10 liter udara = 600 liter satu jam = 14.400 liter dalam 1 hari. Oxigen (O2) yang terkandung dalam udara sekitar 20%, Nitrogen 79%, sisanya Zat yang lain. Kalau saja dihitung berapa besar biaya manusia bernapas dalam 1 bulan adalah (14.400 ltr udara X 20 % X harga Oxigen perliter) +(14.400  ltr udara X 79% X harga Nitrogen perliter) = (2.880 ltr Oxigen X Rp. 25.000) + (11.376 ltr Nitrogen X Rp 12.500) = Rp 72.000.000 + Rp 142.200.000 = Rp  214.200.000 per hari. Atau dalam 1 bulan =  Rp 6.426.000.000 (Enam milyar empat ratus dua puluh enam juta rupiah) atau – dalam 1 tahun manusia bernapas, membutuhkan biaya Rp 77.112.000.000 (tujuh puluh tujuh milyar, seratur dua belas juta rupiah).
Dengan konversi biaya yang begitu besar, seandainya manusia harus membeli udara untuk bernapas, berarti kehidupan ini sungguh sangat mahal, namun Tuhan berikan kepada kita umat ciptaan-Nya gratis. Masihkah kita meragukan kebesaran kasih Allah kepada kita?.
Hal lain yang mungkin perlu kita sadari adalah bahwa manusia hanya bisa bertahan hidup tanpa Oxigen, selama 5-8 menit saja. Jadi betapa pentingnya udara itu dalam kehidupan manusia. Zat yang sangat vital tersebut oleh Pencipta disiapkan begitu melimpah. Itulah kemurahan Tuhan kepada kita umat manusia sebagai Ciptaan-Nya yang termulia. Kesimpulannya Allah tidak hanya menciptakan manusia, tetapi Tuhan juga menyiapkan kebutuhan manusia untuk hidup. Sehingga tanpa alasan untuk kita untuk tidak percaya dan tidak bergantung pada-Nya.

Rest (Istirahat) sangat diperlukan untuk menyegarkan tubuh. Selain untuk menyegarkan tubuh, pada waktu istirahat tubuh akan bekerja melepaskan racun dari dalam tubuh, melancarkan pencernaan. Waktu tidur juga diperlukan untuk menyegarkan otak. Pada waktu tidur maka hormon noradrenalin dan serotonin akan dipulihkan, sehingga otak dapat berfungsi dengan baik. Berkurangnya kedua hormon penting tersebut, membuat fungsi otak tidak bekerja secara maksimal. Pada saat menjelang tidur, atau saat trans, adalah saat yang paling baik untuk merekam seluruh keinginan atau rencana kehidupan masa depan yang telah terproyeksi dalam imajinasi kita ke dalam pikiran bawa sadar kita.
Apa yang terekam kedalam pikiran bawa sadar tersebut, ditopang dengan keyakinan yang kuat, akan menjadi permohonan doa kepada Pencipta, dan akan terwujud sesuai dengan cara Pencipta berupa kebetulan-kebetulan yang tidak kita duga atau bahkan tidak bisa kita pahami bagaimana semua itu bisa terjadi. Itulah cara kerja Pencipta dalam menjawab setiap permintaan doa yang telah kita naikan kepada-Nya.
Trust in God (Percaya kepada Tuhan). Sebagai umat yang percaya kepada Tuhan, kita harus meyakini bahwa segala sesuatu di dunia ini ada di bawah kendali Sang Pencipta. Mentaati segala perintah-Nya marupakan bentuk dari keyakinan dan kepercayaan kita kepada Sang Pencipta. Apa yang telah diperintahkan dan apa yang dilarang hendaknya kita ikuti. Dengan demikian maka kita akan menerima berkat dari-Nya baik berupa rejeki untuk memenuhi kebutuhan hidup ini, kesehatan, dan yang paling menyenangkan adalah berkat berupa kebahagian batin. Walaupun kita bergelimang harta, namun hati kita tidak tenang, tidak bahagia, hidup dilingkupi rasa stress, maka sia-sia kita memiliki semua itu, karena sesungguhnya kita tidak nikmati. Kenikmatan tertinggi manusia adalah ketika hatinya dipenuhi oleh rasa sukacita, damai sejahtera dan ketenangan batin. Itulah kebahagiaan sejati. Kebahagiaan sejati hanya diperoleh ketika hubungan kita dengan pencipta terpelihara dengan baik, sehingga hati kita dipenuhi oleh Cinta dan Kasih Sayang, ada kedamaian, ada suka cita dan kebahagiaan.
  
B.       Kemapuan Spiritual.
Kunci kemampuan manusia secara utuh adalah terletak pada kempuan spiritualnya. Jika kemampuan spiritual seseorang baik, maka akan mempengaruhi seluruh kemampuan yang ada pada seseorang. Dari awal penciptaan, manusia dijadikan dari debu tanah + napas kehidupan atau jiwa atau nyawa atu Roh Allah. Tanpa napas hidup atau jiwa atau Roh Allah, maka tidak ada kehidupan. Hubungan manusia dan Pencipta terletak pada Napas Hidup atau Roh Allah tersebut. Itulah sebabnya, fungsi kendali terbesar dari tubuh terletak pada kekuatan spiritual tersebut. Karena dari situlah asal kehidupan itu. Jika pikiran kita, kesadaran kita memahami akan hal tersebut, maka akan mudah untuk kita mengendalikan kehidupan ini.
Firman Tuhan mengatakan :  “Dialah Yang Awal dan Yang Akhir Yang Zhahir dan Yang Bathin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu. Dialah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa: Kemudian Dia bersemayam di atas ´arsy Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi dan apa yang keluar daripadanya dan apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepada-Nya. Dan Dia bersama kamu di mana saja kamu berada. Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Hadiid, 57 : 3-4). 
“Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan (Amsal 1:7).”  “Takut akan Tuhan ialah membenci kejahatan; Aku benci kepada kesombongan, kecongkakan, tingkah laku yang jahat, dan mulut penuh tipu muslihat. (Amsal 8:13)” “Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian. (Amsal 9:10)”
Dari petunjuk firman Tuhan yang kita peroleh dari semua kitab suci, dengan jelas menyatakan kepada kita bahwa Tuhanlah pencipta alam semesta, Dialah adalah Awal dan Yang Akhir, Dialah yang Maha Tau atas segalanya, Dialah Sumber pengetahuan dan hikmat.
Dengan mengandalkan Tuhan dalam kehidupan kita, dengan mengikuti segala petunjuk-Nya dan menjauhi segala yang dilarang-Nya, maka hidup, kehidupa dan penghidupan kita akan selalu berada dalam lindungan dan pemeharaan-Nya.
Dengan hidup takwa dan takut akan Tuhan, maka kehidupan kita menjadi terkendali dengan baik. Akhlak kita akan menjadi baik, emosi kita akan menjadi terkendali dengan baik, akal sehat kita akan bekerja dengan baik.
Tuhan adalah Allah pengasih. Sifat kasih-Nya yang tak terbatas itu, akan selalu menyertai kita sebagai umat ciptaan-Nya. Seberapa besarpun dosa dan kesalahan kita, asalkan kita menyadari, dan datang meminta ampun pada-Nya, maka sudah pasti akan ada pengampunan. Tuhan adalah Maha pengampun, Maha penyayang dan Maha pengasih dan Panjang sabar. Tidak ada alasan kita menjauhkan diri kita dari Tuhan, karena Cinta Kasih-Nya begitu besar kepada kita umat ciptaan-Nya. Oleh karena tidak perlu kita merasa ragu untuk datang kepada-Nya ketika kita dalam kesusahan, kesulitan, atau dalam keadaan berat apapun, Tuhan pasti akan menjaga kita, melindungi kita, memelihara kita, asalahkan kita Yakin dan Percaya kepada-Nya. Jadikanlah Tuhan tempat kita bersandar, mengadu, mengeluh, mencurahkan segala isi hati kita. Dia akan dengan setia melayani segala permohonan yang kita naikan kepada-Nya, asalahkan kita Yakin dan Percaya sepenuhnya kepada-Nya.
Pengalaman spiritual yang saya alami dalam usia yang masih sangat mudah, selalu menjadi bukti bahwa Tuhan itu ada. Oleh karena itu, saya dengan berani dan tegas mengatakan bahwa sekiranya ada pemikiran bahwa dunia ini jadi dengan sendirinya dan menyangkal adanya Pencipta, saya amarkan lebih dihilangkan pikiran tersebut. Dalam banyak hal juga, karena pengaruh perkembangan ilmu pengetahuan, sempat terbesit dalam pikiran saya, apakah ia Tuhan itu ada? Namun dengan tegas Tuhan selalu menegur saya dengan keras, dan mengingatkan kembali pada pengalaman spiritual semasa kecil, dimana saya pernah melihat cahaya dan mendengar suara dari dalam cahaya tersebut. Pengalaman itu membekas begitu kuat dalam hati sanubariku. Dan tidak terlupakan sampai sudah memasuki usia 58 tahun. Pengalaman sekitar 53 tahun yang lalu, yang tersimpan begitu rapi dalam ingatanku. Dari pengalaman itulah saya sesungguhnya sudah mengenal adanya Tuhan. Bukan dengan pelajaran agama, atau dari cerita guru agama. Namun dari pengalaman langsung yang saya alami, walaupun saya tidak mengerti kenapa saya harus mengalami pengalaman spiritual tersebut. Pengalaman tersebut memberikan keteguhan dan keberanian bagi saya untuk mengingatkan kepada semua orang bahwa patutlah kita menyakini bahwa Tuhan itu ada. Dan karena Dialah kita ada di bumi ini. Tidak ada alasan untuk kita tidak menyakini dan mempercayainya. Hanya melalui Kasih-Nya kita bisa memperoleh hidup, kehidupan dan penghidupan baik di dunia fana ini, dan di dunia nanti.

C.      Kekutan Emosi.
Dengan hidup takut akan Tuhan, hidup searah dengan kehendak-Nya, maka kita akan hidup dengan kekuatan spitual yang luar biasa. Dengan kendali hati nurani yang terpaut dengan denga Pencipta, maka emosi kita akan terkendali dengan baik. Dengan Jiwa yang selalu depenuhi oleh rasa takwa dan takut akan Tuhan, maka kehidupan kita akan selalu berusaha memelihara akan perintah-Nya, dan berusahan selalu menjauhi segala hal yang dilarang oleh-Nya. Dengan demikian kita akan terhindar dari rasa bersalah. Walaupun pada kenyataannya karena manusia selalu hidup dalam kecenderungan dosa karena dorongan keinginan-keinginan yang kuat dalam diri, namun atas berkat kesadaran yang ada dalam diri kita, sehingga kita selalu disadarkan atas setiap pelanggaran yang telah kita buat. Dari kedalaman hati yang luhur, kita akan memberanikan diri untuk selalu datang pada Tuhan, untuk meminta pengampunan atas kesalahan kita, serta berusaha meninggalkan kebiasaan dosa tersebut.
Rasa yang muncul dalam diri akan menyiksa diri sendiri. Rasa bersalah adalah perasaan tidak bahagia, merasa tidak ada damai  dan tidak tentram,  perasaan tidak berharga, merasa gagal, merasa malu dan kalah karena sesuatu perbuatan yang telah dilakukan. Para ahli psikologi berpendapat bahwa perasaan bersalah itu muncul karena kegagalan untuk mencapai standar-standar perilaku yang telah kita tetapkan sendiri. Misalnya ketika kita telah mengecewakan atau menyakiti hati seseorang, itu merupakan suatu perilaku yang buruk atau dosa.
Tentunya untuk menghindari rasa bersalah tersebut selalu merongrong batin kita, maka kita harus berusaha mendekatkan diri dengan Tuhan, hidup takwa dan takut akan Tuhan, sehingga standar moral kita akan menjadi baik, dan kecenderungan untuk melakukan hal yang tidak baik akan dapat diatasi. Namun satu hal yang perlu kita sadari bahwa dalam keadaan kita tidak mampu menghindar dari kesalahan, kita tidak perlu risau, karena Tuhan yang kita sembah adalah Tuhan Maha Pengampun, Maha Pengasih. Seberapa besarpun dosa dan kesalahan kita, tetaplah ada pengampunan, asalkan kita menyadari dan mau datang meminta ampun atas segala kesalahan kita.
Mengendapkan kesalahan, dengan tidak menyadarinya, hanyalah semakin memperburuk situasi batin kita, dan akan menuntun kita semakin buruk perilaku kita. Dan sudah tentu, semakin menyulitkan kita hidup, karena semakin kita tidak menyadari kesalahan kita, maka kita akan semakin terperangkap dalam kehidupan yang amoral, dan semakin terjepit ruang gerak kita, karena semakin banyak orang tidak percaya dan tidak menyenangi kita. Lebih parah lagi kita akan berhadapan dengan hukum, dan sudah tentu penjara menjadi tempat kita.
Oleh karena itu, dikala kita melakukan kesalahan, cepatlah kita sadar, dan datanglah kepada Tuhan untuk meminta pengampunan, dan secara sekap berani, kita harus mengakui kesalahan kita kepada siapapun kita melakukan kesalahan tersebut, serta meminta maaf, dan berjanji untuk tidak melakukan atau mengulangi perbuatan tersebut.
Dengan kesadaran, kerendahan, ketulusan dan kesungguhan hati untuk mengakui dan berjanji untuk tidak mengulangi, maka kan meredahkan orang yang kita berbuat kesalahan. Dengan sikap sportif tersebut, akan menyelesaikan persoalan. Pertama mereka tidak akan dendam kepada kita, dan juga kita tidak akan ada musuh. Kedua, hati kita akan menjadi rasa tenang, dan menjadi pelajaran berarti untuk lebih hati-hati lagi kedepan agar tidak melakukan kesalahan yang sama. Ketiga, kita tidak dikejar oleh rasa bersalah dalam hati kita, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan batin kita.
Lari dari kenyataan adalah sifat buruk yang bisa merusak mental kita, kita kan tumbun menjadi semakin munafik dan tidak bertanggun jawab dalam menjalani kehidupan ini. Tentu sikap tersebut bukan sikap yang baik. Oleh karena itu, hendaklah kita secara berani dan bertanggung jawab mengakui kesalahan yang telah kita buat, itulah sikap patriot yang baik yang perlu kita pupuk dan pelihara.
Dengan hidup berserah kepada Tuhan, bersandar dan berharap selalu pada perlindungan dan tuntunan Yang Maha Kuasa, maka kehidupan kita akan terhidar dari segala bentuk kejahatan karena sikap mental yang buruk, atau sikap yang amoral. Karena sikap mental buruk, amoral, adalah sikap atau bahkan perilaku yang tidak sesuai dengan kehendak Pencipta.
Dengan menghidupkan sifat penuh dengan Cinta dan Kasih Sayang, maka kehidupan kita akan jauh dari segala kesombongan, kecongkakan, kedengkian, kemarahan, dendam, atau semua yang namanya keegoisan akan jauh dari diri kita. Standar moral yang didasari oleh Cinta dan Kasih Sayang, adalah standar moral yang dikehendaki oleh Pencipta. Dengan standar moral Cinta dan Kasih Sayang, kita akan hidup rukun dan damai dengan semua orang, karena setiap orang dapat menerima sika hidup yang dipenuhi oleh Cinta dan Kasih Sayang.
Dengn standar moral Cinta dan Kasih Sayang, maka seseorang akan menjadi sabar, penyayang, murah hati, tidak pendendam, tidak menyimpan amarah, mudah mengampuni, dan mudah bersimpati dan berempati dengan orang lain. Mereka akan mudah ibah, dan kasihan melihat orang lain kesusahan. Sehingga dengan kehidupan yang dilingkupi oleh standar moral Cinta dan Kasih Sayang, maka kehidupan ditengah masyarakat akan aman dan damai, kehidupan yang nyaman dapat tercipta.

D.      Kekuatan Intelektual.
Setelah kita memiliki kekuatan fisik, spitual dan emosi, maka yang terakhir, kita juga harus memiliki kekuatan intelektualil. Kekuatan intelektual sangat dipengaruhi oleh seberapa besar pengetahuan yang kita miliki. Oleh karena itu, dunia pendidikan sangatlah diperlukan untuk memperkuat intelektualitas seseorang.
Kita perlu harus menimba ilmu sembanyak mungkin baik melalui pendidikan formal, maupun pendidikan non formal. Rajin membaca merupakan keharusan untuk bisa memperkauat akan kekuatan intelektual ini. Selain itu, kemampun mempelajari bahasa adalah kunci untuk dapat menimba ilmu lebih banyak. Pemahaman akan Bahasa Inggeris dengan baik, menjadi keharusan kalau ingin menimba ilmu lebih banyak. Karena banyak perkembangan ilmu ditulis menggunala leteratur berbahasa Inggeris.
Penguasaan berbahasa Inggeris selain diperlukan untuk bisa membaca literature dalam bahasa Inggeris, juga diperlukan ketika kita menuntut ilmu lebih tinggi di luar negeri, terutama di Eropa, Australia dan Amerika Serikat. Juga ketika kita mengikuti pertemuan internasional, maka akan lebih nyaman ketika kita bisa mengusai bahasa Inggeris dengan baik.
Waktu saya masih di SD, SMP sampai SMA, saya tidak menyadari pentingnya menguasai Bahasa Inggeris tersebut. Sampai ketika saya harus mengukuti test untuk penerbangan, barulah saya menyadari betapa pentingnya Bahasa Inggeris. Dari kegagalan mengikuti test penerbangan tersebut, telah menyadarkan saya pentingnya menguasai Bahasa Inggeris tersebut. Akhirnya saya harus mengorbankan 1 tahun tidak kuliah, demi mengejar ketertinggalan dalam Bahasa Inggeris. Setelah saya menguasai Bahasa Inggeris, ketika saya melanjutkan kuliah di Universitas Klabat (Perguruan Tinggi Milik Misi Gereja Advent), maka pada saat itu saya merasakan manfaat dari penguasaan Bahasa Inggeris. Hampir semua literature di Kampus tersebut, menggunakan Bahasa Inggeris. Dan saya sangat beruntung karena sudah menguasai Bahasa Inggeris sebelum masuk di perguruan tinggi tersebut. Dengan menguasai Bahasa Inggeris, maka saya dengan mudah menguasai materi yang ada, karena saya bisa mengikuti ketika membaca literature tersebut.
Manfaat kedua yang saya rasakan adalah ketika melamar pekerjaan di Balikpapan, hampir semua test yang saya ikuti adalah dalam Bahasa Inggeris. Sehingga dengan mudah saya bisa melewati test tersebut. dan juga ketika bekerja di Total Indonesie, di Balipapan, karena bisa berbahasa Inggeris, sehingga menolong saya bisa berkomunikasi dengan baik dengan para bule yang ada di perusahaan.
Manfaat ketiga, ketika saya meneruskan pendidikan di Amerika Serikat, semua saya bisa lalui dengan mudah, karena pengusaan Bahasa Inggeris tersebtu. Jadi saya sarankan untuk yang ingin meningkatkan pengetahuan lebih tinggi, sebaiknya belajar Bahasa Inggeris dengan baik. Ikuti sampai pelajaran TOEFL, karena syarat untuk bisa kuliah di luar negeri, khususnya di Amerika harus melewati test TOEFL tersebut.
Pelarilah bidang ilmu sesuai dengan minat atau passion anda. Dengan demikian Anda akan mendapatkan dorongan semangat yang luar biasa dari dalam diri Anda, karena sesuatu yang dilakukan sejalan dengan Passion akan dijalankan dengan senang hati, dengan semangat yang tinggi, dengan gairah belajar yang kuat serta keinginan belajar yang kuat pula.
Jangan pernah bosan untuk belajar. Belajar dan belajar, itulah kunci kesuksesan kita. Mereka yang cepat puas belajar, akan mengalami ketertinggalan dalam pengetahuan mereka, dan akan sulit beradaptasi dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin cepat ini. Oleh karena itu, membaca adalah keharusan bagi mereka yang ingin selalu meng-update ilmu pengetahuannya. Dengan selalu meng-update pengetahuan maka kita tidak akan pernah ketinggalan, dan menjadi terdepan dalam penguasaan ilmu pengetahuan.

Dalam The Seven Habit of Highly Effective People, salah satu kebiasaan orang  yang effektif adalah Sharpen the Saw (Pertajam gerjaji). Kebisaan selalu mempertajam gerjaji adalah kebiasaan untuk selalu mengasa diri, baik fisik, spiritual, emosi dan intelektual. Dengan membaca, kita selalu mengasa ketajaman gergaji kita, selalu mengasa ketajaman intelektualitas kita. Dengan selalu mengasa akan gerjaji diri kita, maka kita akan selalu memperhatikan akan kesehatan. Selalu memperhatikan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang, melakukan olah raga, memperhatikan kecukupan air dengan selalu mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung air dan juga minum air yang cukup, memperhatikan kecukupan sinar matahari. Menghindari minuman beralkohol, memperhatikan kecukupan dan kebersihan udara, dan beristirahat yang cukup. Kita akan selalu mempertebal keimanan kita kepada Tuhan, Pencita Alam semesta yang adalah sumber dari hidup, kehidupan dan penghidupan kita, serta selalu menguasai emosi dan mempetajam pengetahuan pada bidang yang kita minati. Dengan selalu mengasa gergaji diri kita, maka kreatifitas, inovativitas dan proaktifitas diri kita akan semakin meningkat. Dengan semakin meningkatnya kreatifitas, inovatiitas dan proaktivitas, maka tingkat produktifitas kita akan meningkat. Tidak hanya meningkat secara kuantitas, namun kualitasnya juga akan meningkat.

1 komentar:

  1. JOIN NOW !!!
    Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
    Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
    BURUAN DAFTAR!
    dewa-lotto.cc

    BalasHapus