Entri yang Diunggulkan

THE NEW ERA - CYBERSPACE (DUNIA MAYA), SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA

THE NEW ERA – CYBERSPACE (DUNIA MAYA) SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA Peradaban dunia kini berubah begitu cepat, dunia seakan menjadi kec...

Rabu, 10 Februari 2016

HIDUP PENUH DENGAN RASA SYUKUR

                                 HIDUP PENUH DENGAN RASA SYUKUR.

Dengan melakukan langkah-langkah sebagaiman telah kita bahas di atas, yaitu mulai dari membersihkan diri segala kebiasaan buruk, menanamkan prinsip yang baik, memiliki arah dan tujuan hidup yang jelas, membangung segala kapabilitas diri atau kemampuan diri, membangun kepercayaan,  serta memiliki daya juang yang tinggi, maka kita mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi orang yang hebat, orang yang sukses dan orang yang bahagia.
Namun kesemuanya itu belumlah sempurna kalau kita tidak menyadari bahwa semua itu bisa terwujud hanya  karena kebesaran kasih dan karunia Tuhan kepada kita sebagai umat yang percaya kepada-Nya. Oleh karena itu, untuk menjaga hubungan yang lebih intim atau lebih dekat dengan Tuhan, Allah Pencipta Alam Semesta ini Yang adalah sumber segalah berkat, hendaklah kita selalu mensyukuri segala apa yang telah kita peroleh dalam hidup kita.
Rasa syukur dapat kita lakukan dengan cara; 1. Selalu menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk persembahan kepada Tuhan. 2. Selalu mensyukuri apa yang diperoleh dalam kehidupan kita. 3.  Mencitai selama manusia. 4. Mencintai lingkungan kita.
A.      Selalu menyisihkan sebagian dari penghasilan kita untuk persembahan kepada Tuhan.
Tuhan sesungguhnya tidak memerlukan pemberian kita. Namun Tuhan ingin menguji kesetiaan kita, keluruhan hati kita, ketulusan hati kita dan kerendahan hati kita yang harus kita tunjukan sebagai pengakuan kita kepada-Nya. Tuhan adalah pemilik alam semesta. Segala sesuatu yang ada di alam semesta ini adalah kepunyaannya. Sehingga tidaklah masuk akal kalau Tuhan meminta dari kita umat ciptaan-Nya. Namun Tuhan meminta kepada kita untuk menyisihkan sebagian dari apa yang telah kita peroleh sebagai rasa syukur dan terima kasih kita kepada-Nya.
Persembahan menjadi bukti pengakuan kita, bukti ketulusan, kerendahan hati dan kesetiaan serta pengakuan kita kepada pencipta kita yaitu Tuhan, Allah Pencipta Alam Semesta ini. Itulah sebabnya Tuhan juga memberikan kepada kita karunia yang luar biasa yaitu freedom of choice (kebebasan memilih) dan free will (kebebasan kehendak). Freedom of choice dan free will, lahir dari  conscience (hati nurani) atau inner sense (rasa batin), common sense (akal sehat), imagination (imajinasi), sehingga kehendak menyembah, memuji dan memuliakan benar-benar lahir dari pilihanan kita sendiri lahir dari kesadaran yang dibangun oleh hati nurani, yang disentuh oleh rasa batin, tervisualisasi dalam imajinasi kita dan dipertimbangkan berdasarkan akal sehat, sehingga perbuatan tersebut benar benar dilakukan dengan tulus ichlas, dengan segala kerendahan hati dan dengan kesetiaan hati, naik sebagai pujian dan syukur ke hadapan Pencipta.
Pujian dan syukur yang demikian akan menggetarkan hati nurani Yang Maha Kuasa, sehingga Dia bisa selalu memalingkan wajah-Nya untuk mengamati setiap saat akan hidup, kehidupan dan penghidupan kita, serta membukan lebar telinga-Nya untuk mendengarkan setiap rintihan, tangisan,  keluhan, dan permohonan kita yang naik kepada-Nya.
Memberikan persembahan adalah kerelaan kita.  Persembahan yang diberikan adalah pernyataan rasa syukur, bukan untuk membeli berkat. Ada sebagian orang memberikan persembahan didorong oleh motif untuk memdapatkan berkat. Pandangan yang demikian adalah keliru. Karena persembahan diberikan adalah pernyataan rasa syukur karena Tuhan sudah memberkati dan memeliha kita.
Berkat adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa, yang pasti diperoleh oleh setiap orang yang memeiliki Iman dan Pengharapan kepa-NYa. Iman adalah kunci untuk kita bisa menerima anugerah dari Tuhan dalam berbagai hal, baik talenta atau bakat, keahlian, kemampuan, kekuatan, semangat, gairah, rasa percaya diri, kesehatan, hikmat dan akal budi.
Itulah sebabnya mempertebal iman dan percaya kita kepada Tuhan, Allah Pencipta Alam Semesta, Yang adalah sumber segala sesuatu, perlu kita selalu lakukan. Memberikan persembahan, menolong orang lain, menjaga lingkungan adalah saran untuk mempertebal Iman dan Percaya kita kepada Yang Maha Kuasa.
Suatu ketika seorang Nenek yang hidupnya sangat miskin, masuk kedalam Rumah Ibadah. Ketika tiba saat untuk memberikan persembahan, si Nenek ini membuka sapu tangannya. Sangking miskinnya, untum membeli dompet pun si Nenek tidak mampu, sehingga uang yang dia persiapkan untuk persembahan, dia bungkus dalam sapu tangan yang warnanya juga sudah kusam karena sudah terlalu lama dipakai. Si Nenek mempersembahkan semua milikya yang ada dalam lipatan sapu tangannya tersebut. Orang banyak yang hadir, terkagum kepada Nenek ini.
Bukan karena jumlahnya, tetapi kebesaran hatinya yang rela menyerahkan seluruh miliknya yang ada untuk dijadikan persembahan kepada Tuhan. Sungguh luar biasa ketulusan, keikhlasan, kerendahan hati yang dimiliki oleh Nenek ini. Itulah bukti Iman sejati. Iman yang kuat, iman yang selalu dilatih. Dengan iman yang kuat, sehingga Nenek rela, tulus dan ikhlas mempersembahkan keseluruhan hartanya kepada Tuhan.
Nabi Ibrahim adalah salah satu contoh yang baik untuk kita. Ketika Tuhan meminta kepadanya untuk mempersembahkan Putra kesayangannya, dengan tidak berpikir panjang, tidak melakukan tawar menawar dengan Tuhan, dia langsung bersedia melakukannya, karena Imannya kepada Tuhan begitu besar.  Karena imannya yang begitu besar, sehingga nabi Ibrahim menjadi bapak orang yang percaya.
Penurutan, adalah bukti iman dan keyakinan kita kepadanya. Iman akan melahirkan kerelaan, ketulusan, keikhlasan, kerendahan hati. Iman akan melahirkan penurutan, pengabdian yang tanpa pamri. Iman akan menggugah hati Pencipta untuk selalu memalingkan wajah-Nya dan membuka telinga-Nya kepada kita. Iman akan membuat kita selalu menjaga hubungan dengan pencipta. Iman akan menggerakan hati kita untuk selalu mensyukuri apa yang sudah diperoleh atau diterima. Iman adalah rasasia alam, kunci memperoleh kekuatan batin, berupa kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi segalam godaan, cobaan serta beban dan derita yang kita alami.

B.       Selalu mensyukuri apa yang diperoleh dalam kehidupan kita.
Hidup yang baik adalah hidup yang selalu mensyukuri apa yang telah diperoleh dalam kehidupan kita. Bersyukur tidak hanya kita lakukan ketika kita mendapat berkat atar memperoleh rezeki saja. Bersyukur hendaknya kita juga lakukan ketika kita mengalami kejadian yang menurut hemat kita, menurut pandangan kita adalah pahit, menyakitkan, mendukahkan atau menyayat hati. Hidup, kehidupan dan penghidupan kita adalah Tuhan yang mengatur. Tuhan yang Maha Mengetahui segalanya, Dia yang merencanakan, membuat dan mengatur segala sesuatu. Ada perkara yang menurut manusia tidak baik, tidak enak, tidak menyenangkan, namun bagi Tuhan mungkin itu lain. Dalam itulah maka kita haruslah mensyukuri apa saja yang kita peroleh, kita terima, kita alami dalam hidup, kehidupan dan penghidupan kita.
Dengan kita berbuat demikian, maka iman dan pengharapan kita kepada Tuhan akan selalu bertumbuh dan berkebang. Dengan berbuat demikian, menunjukan bahwa kita rela, dan ikhlas menerima semua perbuatan Tuhan kepada kita.
Nabi Ayub adalah tokoh yang patut kita teladani kesetiaannya kepada Allah. Tuhan telah menguji Nabi Ayub dengan mengambil seluruh harta milikinya, dan tidak hanya itu, seluruh anaknya diambil Tuhan. Semua anaknya meninggal, lalu Tuhan mendatangkan penyakit yang luar biasa kepadanya. Namun dalam segala derita yang dia alami, tidak sedikipun Nabi Ayub bersungut atau marah kepada Tuhan. Karena imannya kepada Tuhan begitu besar. Dalam segala derita yang dia alami, dia selalu bersyukur kepada Tuhan.
Pada tahun 1977, saya pernah mengalami peristiwa yang paling pahit dalam hidup saya.  Beberapa minggu setelah saya tamat dari SMA Negeri III Manado, selesai menghadiri acara penamatan saya, Ayah saya pulang ke kampong di Pulau Siau, di Kabupaten Sangihe dan Talaud pada waktu itu. Namun sekarang sudah dimekarkan menjadi Kabupaten Sitaro. Sitaro diambil dari singkatan tigal pulau besar yang ada dikabupaten tersebut yaitu (Si)au, (Ta)gulandang dan Bia(Ro), disingkat Si-Ta-Ro, sehingga nama Kabupatennya menjadi Sitaro. Ketia Ayah saya pulang ke Pulau Siau, hanya beberapa minggu saja dari kepulangannya tersebut, tiba-tiba saya menerima telegram. Sulit mau percaya, namun itulah kenyataannya, begitu saya buka dalam telegram itu tertulis dengan jelas, nama Ayah saya, Nathaniel Lombo, telah meninggal dunia di Kinali, Siau Barat, Sangir Talaud.
Membaca isi telegram itu, dunia seakan runtuh, seakan tidak percaya, karena baru saja beberapa minggu bersama saya, menghadiri acara penamatan saya. Dan kini tertulis dengan jelas namanya dalam telegram dan dinyatakan telah meninggal dunia. Ada rasa kecewa yang luar biasa, ada rasa putus harapan yang terasa waktu itu, karena dialah satu-satunya harapan saya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena saya memang berencana untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang  yang lebih tinggi.
Namun saya teringat bahwa ada Tuhan. Saya masuk kedalam kamar, mengunci kamar dan bertelut berdoa. Dalam doa saya saya masih ingat, saya katakana. “Tuhan, saya tau Ayah saya sudah meninggal. Namun saya tau ada Tuhan. Tolong Tuhan jaga dan pelihara saya.” Itu saja doa saya. Doa yang singkat, padat, manum menggambarkan keyakinan saya kepada Tuhan, dan itulah doa pernyataan syukur saya atas kejadian yang pahit itu. Saya harus mengakui kebesaran Tuhan, dan saya meyakini bahwa Dia tidak akan meninggalkan saya sendirian walaupun Ayah saya sudah tiada.
Jalan hidup, Tuhan yang menentukan, ketika saya sedang mengabil kursus Bahasa Inggeris, kebetulah instruktur bahasa Inggeris saya dari Amerika Serikat. Karena keseriusan saya dalam belajar, dan progres penguasaan saya dalam Bahasa Inggeris begitu cepat, sehingga mereka menawarkan kepada saya untuk Kuliah di Universitas Klabat, perguruan tinggi milik misi gereja Advent, dan mereka membantu membayar biaya kulia, sambil saya belajar bekerja juga di Kampus. Dan setelah saya bisa mandiri, selanjutnya saya biayai sendiri dengan bekerja di kampus. Apa yang saya alami, ternya Tuhan tidak pernah meninggalkan umatnya, dan Dia selalu memperhatikan kerinduan hati umat-Nya. Keinginan saya untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi bisa tercapai.
Satu hal yang saya rasakan betapa pemeliharaan Tuhan itu nyata, ketika kita memasrahkan hidup, kehidupan dan penghidupan kita kepada-Nya. Saya hampir tidak pernah nganggur dalam hidup saya. Dan berkat Tuhan tidak pernah berkuputusan dalam hidup saya, walaupun tentu tidak menjadi orang yang kaya, namun saya puas, senang dan bahagia dengan itu semua.  Bagi saya, hidup itu bukanlah sekedar mengejar materi, atau kekayaan. Namun yang diperlukan adalah hidup yang cukup, dan dapat melakukan sesuatu yang berarti bagi orang lain. Itulah yang selalu menjadi angan-angan saya. Saya selalu berusaha hidup mengikuti kata hati saya, karena saya tau hidup mengenal passion, adalah penting dalam hidup. Passion adalah karunia yang sudah Tuhan siapkan untuk masing-masing orang, dan kita wajib mengikuti itu, agar kita bisa mendapatkan kesuksesan kepuasan batin dan kebahagian, yang pada akhirnya akan kita kebalikan dalam wujud rasa syukur kepada Pencipta yang adalah sumber segalanya dalam hidup, kehidupan dan penghidupan saya.
Allah adalah sumber segala berkat dalam hidup, kehidupan dan penghidupanku. Hanya kepada-Nyalah aku bersyukur, berbakti, menyebah, memuji dan memuliakan nama-Nya. Hanyalah kepada-Nyalah aku pasrahkan hidup, kehidupan dan penghidupanku. 

C.    Mebagikan Rasa Cinta dan Kasih Sayang kepada sesama manusia.
Rasa syukur kita kepada Tuhan dapat ditunjukan dengan kita membagikan rasa cinta dan kasih saya kepada sasama manusia. Kebutuhan batin yang paling besar adalah mendapatkan kepuasan batin atau kebahagiaan batin. Rasa bahagia hanya dapat kita peroleh ketika kita mampu berbuat baik untk orang lain.
Bill gate dengan segalam kekayaannya, sebagai orang nomor 1 (satu) terkaya di dunia saat ini, tidak pernah mengalami kebahagiaan hanya dengan memperoleh harta yang melimpah, untuk mendapatkan kebahagian dalam batinnya, Bill gate harus mendirikan Yayasan Sosial yang bergerak untuk kegiatan filantropi atau kegiatan kasih sayang, dan menyisihkan tidak sedikit dari kekayaannya, dia sumbangkan untuk kegiatan kemanusiaan di seluruh dunia. Bill Gate dan Isterinya Melinda Gate, mulai tahun 2011 telah mendedikasikan hidup mereka untuk membantu mereka yang membutuhkan untuk memperoleh pendidikan, kesehatan, pengembangan gizi dan banyak kegiatan sosial lainya. Dia telah menjual 90 juta lembar saham dengan harga USD 27,59 per lembar, sehingga pada waktu itu Bill Gate dan isterinya Melinda Gate telah memeliki dana sebesar 32 trilliun rupiah, dan dia gunakan untuk Yayanya. Kini dana dari Yayasan Bill Gate sudah mencapai US$ 30 milliar atau sekitar Rp 390 trilliun.
Berita luar biasa dibalik kedermawanannya itu adalah pada tahun 2013, Bill Gate berhasil menduduki posisi orang terkaya di dunia, mengalahkan Carlos Slim, pengusaha telekomunikasi dari Mexiko, yang sebelumnya adalah orang terkaya dunia. Pada waktu itu, saham dari Microsoft, mengalami lonjakan harga, sementara kebalikannya, perusahaan milik Carlos Slim mengalami kemorosotan harga, sehingga kekayaan Bill Gate melonjak tajam mencapai US$ 72,7  milliar atau sekitar Rp. 945.1 trilliun, sementara Carlos Slim US$ 72,1 milliar atau sekita Rp. 937.3 trilliun. http://tekno.liputan6.com/read/741203/tinggalkan-microsoft-dan-fokus-pada-kegiatan-sosial
Ternyata dengan mengambil keputusan untuk menyumbangkan sebegitu besar dananya untuk kegiatan sosial, tidak lantas membuat asset perusahaannya Bill Gate anjelok, malahan dia lebih mendapatkan kelimpahan berkat yang luar biasa setelah dia menalankan kehidupan bersyukur kepada Tuhan dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan perusahaannya untuk bantuan sosial. Itulah hukum tabor tuai. Semakin banyak kita memberi, maka semakin melimpah berkat yang kita terima. Semakin banya energi positif yang kita keluarkan, maka akan semakin banyak energi positif yang akan kita terima.
Rasa mencintai dan mengasihi orang lain, adalah wujud dari energi yang bersumber dari Pencipta yang dianugerahkan kepada kita. Oleh karena itu hendaklah kita selalu jaga dan pelihara, dan perlu kita pantulkan kepada orang lain, melalui tindakan nyata. Semakin kita banyak meluapkan rasa cinta dan kasih sayang kepada orang lain, maka akan semakin besar energi cinta dan kasih sayang yang kita terima dari orang lain.
Energi positif yang melimpah itulah yang kita rasakan dalam bentuk kepuasan batin, atau kebahagiaan batin. Tidak ada cara lain yang membuat kita bisa mendapatkan kepuasan batin atau kebahagiaan batin selain kita mendedikasikan kehidupan kita mejadi berarti buat orang lain. Dengan kita memberikan pelayanan, pertolongan, perhatian, simpati, empati, maka kita telah menyenangkan hati orang lain. Energi batin yang mereka peroleh akan mereka balikan lagi kepada kita. Belum lagi doa mereka akan naik ke Yang Maha Tinggi sebagai rasa syukur mereka karena Tuhan telah menolong mereka melalui perbuatan kita.
Pujian dan doa yang mereka naikan, juga akhirnya akan berbalik lagi kepada kita, sehingga kelimpahan energi akan semakin besar kita peroleh dari sebuh keikhlasan, ketulusan kita untuk membangikan energi cinta dan kasih sayang kepada orang lain.

D.      Mencintai lingkungan kita.
Semua yang Tuhan ciptakan di alam semesta ini pasti ada tujuan dan manfaatnya. Ikut  menjaga dan memelihara lingkungan adalah salah satu wujud dari rasa syukur kita kepada Pencipta. Keberadan alam telah Tuhan ciptakan dalam satu mata rantai yang tidak bisa diputus. Didalamnya terdapat keruwetan yang luar biasa, namun tetap dalam suatu keteraturan, keterkaitan dan kesaling ketergantungan antara satu dengan yang lainnya. Itulah misteri alam yang sulit dipahami oleh pikiran manusia. Itu adalah salah satu bukti bahwa alam semesta ini ada yang merancang, ada yang merencanakan dan ada yang menciptakan serta ada yang memelihara.
Pemahaman itu akan menyadarkan kita bahwa semua organisme dan objek yang ada di jagad raya ini atau di alam semesta ini, ada yang menciptakannya dan saling berhubungan antara satu dengan yang lain dalam satu rangkaian sistem yang luar biasa yang terikat dalam satu mata rantai saling berkatitan satu dengan yang lain.
Di bumi tempat kita hidup ini Allah menciptakan keterkatan yang luar biasa. Sitemnya lebih kompleks yang kita kenal dengan “Ekosistem”. Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme.  Dari pandangan Ilmu Pengetahuan, mengatakan bahwa Matahari sebagai sumber dari semua energi yang ada. Manun sesungguhnya sumber energi itu adalah Tuhan itu sendiri. Tuhan, Allah Pencipta Alam semesta ini, Yang Adalah Omnipotent dan Omniscient, dalah Maha Kuasa dan Maha Tau, telah merencanakan, bahkan merancang segala sesuatu sesuai dengan kehendaknya, dan telah menciptakan serta menjaga dan memelihranya seluai peran dan fungsi dan manfaat dari masing-masing objek dan organisme tersebut.
Dalam Kemahakuasaan-Nya dan Kemahatahuan-Nya, Dia telah menciptakan bumi tempat kita hidup dalam suatu sitem alam yang luar biasa. Diciptakannya bumi ini dalam suatu ekosistem, organisme dalam komunitas berkembang bersama-sama dengan lingkungan fisik sebagai suatu sistem. Organisme akan beradaptasi dengan lingkungan fisik, sebaliknya organisme juga mempengaruhi lingkungan fisik untuk keperluan hidup. 
Kehadiran, kelimpahan dan penyebaran suatu spesies dalam ekosistem ditentukan oleh tingkat ketersediaan sumber daya serta kondisi faktor kimiawi dan fisis yang harus berada dalam kisaran yang dapat ditoleransi oleh spesies tersebut, inilah yang disebut dengan hukum toleransi.
Hubungan alam yang luar biasa, yang saling berhubungan antara satu dengan yang lain, dan terjadi interaksi antara abiotik biotic. Abiotik atau komponen fisik dan kimia yang merupakan medium atau substrat tempat berlangsungnya kehidupan, atau lingkungan tempat hidup. Sebagian besar komponen abiotik bervariasi dalam ruang dan waktunya. Komponen abiotik dapat berupa bahan organik, senyawa anorganik, dan faktor yang mempengaruhi distribusi organisme, yaitu suhu, air, garam, sinar matahari, tanah dan batu serta udara.
Sendangka biotik adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menyebut sesuatu yang hidup (organisme). Komponen biotik adalah suatu komponen yang menyusun suatu ekosistem selain komponen abiotik (tidak bernyawa).
Dari hubunga abiotik dan biotik ini terjadi perubahan dalam bentuk kimiawi dari organik ke anorganik. Yang selalu berputar membentuk siklus dalam kehidupan ini. Dan distulah peran Pencipta untuk mengatur kesemuanya itu.
Dari penjelasan sederhana ini, saya hanya ingin memberikan gambaran, bahwa begitu besarnya Kemahakuasaan dan Kemahatahuan Pencipta, sehingga bisa menciptakan alam semesta ini dalam suatu kerumitan, keruwetan sistem, namun dalam satu keterikann hubungan imbal balik, hubungan yang terkait satu dengan yang lain, yang merupakan satu kesatuan alam yang tidak dapat diputus mata rantainya. Mengganggu salah satu mata rantai sama akan merusak rangkaian sistem yang ada.
Oleh karena itu, menjaga dan memelihara kelestarian alam adalah perbuatan mulia, karena kita menjaga keterpeliharaan suatu sistem. Karena setiap bagian baik benda mati ataupun hidup, mempunyai peranan penting di alam ini, terutama dalam ekosistem.
Memelihara dan menjaga kelestarian alam merupakan bentuk dari ibadah kita, pengabdian kita kepada Tuhan. Dengan demikian kita sudah ikut menjaga keberlangsungan  dan keterikatan mata rantai dari ekosistem. Ekosisteam adalah sistem alam yang telah diciptakan oleh Tuhan untuk menjaga keseimbangan hidup dalam alam kita. Merusak alam adalah perbuatan melawan kehendak Pencipta. Oleh karenanya adalah masuk dalam perbuatan melanggar perintah Tuhan, dan itu adalah dosa.





1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    www.arenakartu.cc
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus