Entri yang Diunggulkan

THE NEW ERA - CYBERSPACE (DUNIA MAYA), SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA

THE NEW ERA – CYBERSPACE (DUNIA MAYA) SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA Peradaban dunia kini berubah begitu cepat, dunia seakan menjadi kec...

Kamis, 03 Maret 2016

JADILAH AGEN PERUBAHAN DALAM DIRIMU DAN LINGKUNGNMU



JADILAH AGEN PERUBAHAN DALAM DRIMU SENDIRI DAN LINGKUGANMU

Waktu bekerja di Total Indonesie di Balikpapan thn 1983 sampai 1989, Tiba2 terlintas dalam pikiranku ingin menduduki jabatan yang lebih tinggi. Tapi melihat kondisi perusahaan yang begitu mapan, dan organisasinya begitu rapih dan kuat, kapan saya boleh mendapat kesempatan meraih jabatan yang lebih tinggi. Saya berpikir waduh kalau begini terus, mungkin saya akan selalu jadi ikan kecil di kolam yang besar. Saya berpikir lebih baik saya jadi ikan besar di kolam kecil. Mulailah bergejolak dalam hati antara mau bertahan tinggal di Total Indonesie dengan posisi biasa2 saja tapi kerja aman sampai pensiun, atau berhenti saja cari perusahaan yang lebih kecil dengan harapan boleh mendapat posisi yang lebih baik. Dari kemelut pikiran itulah akhirnya saya memberanikan diri untuk mengambil keputusan berhenti dari Total Indonesie dan berangkat ke Amerika dengan harapan bisa memperindah Curiculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup) baik melalui pendidikan maupun pengalaman kerja ketika kembali ke Indonesia. Itulah pemikiran saya waktu itu. Dan benar sekembalinya di Indonesia, saya langsung mendapatkan posisi Manajer di Perusahaan Pengalengan Ikan di Bitung. Dari penglaman itu saya dapat memahami bahwa perlu suatu keberanian dalam mengambil keputusan untuk keluar dari Zona Kenyamanan (Comfort Zone). Banyak orang sulit melakukan perubahan dalam hidupnya hanya karena terjebak dalam Zona Kenyamanan (Comfort Zone), mereka terbuai dengan kesenangan hidup semu, mereka terlena dengan kenikmatan kehidupan yang ada atau mereka sudah merasa nyaman, aman dalam lingkungan yang demikian. Mereka tidak berani menabrak garis pembatas Zona kenyamanan dalam hidupnya. Akhirnya mereka terperangkap dalam kehidupan tanpa suatu perubahan. Engkung tau magurang Seng Mengkete Kere (Kata orang-orang tua, so babagitijo). Mereka hidup pasrah dan harus bertahan dengan lingkungan yang sama, akhirnya hidup dalam cengkeraman kenyamanan semu. dengan tidak ada perubahan dalam hidupnya. Hidup harus ada keberanian dalam mengambil keputusan dan tindakan, maka kita dapat menerobos batas Zona Kenyamanan dan tidak terjebak dalam lingkungan yang tidak berubah. Jadilah Agen Perubahan dan mulailah dari dirimu sendiri. Semoga bisa menginspirasikan bagi anak-anak mudah.


OLEH

HELFRIED LOMBO

email : lombohelfried@gmail.com
phone : 081385893809

1 komentar: