Entri yang Diunggulkan

THE NEW ERA - CYBERSPACE (DUNIA MAYA), SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA

THE NEW ERA – CYBERSPACE (DUNIA MAYA) SIAPA YANG MENGENDALIKANNYA Peradaban dunia kini berubah begitu cepat, dunia seakan menjadi kec...

Senin, 26 November 2018

JADILAH DIRIMU SENDIRI

JANGAN LAGI MENJADI DUPLIKASI ORANG LAIN. JADILAH DIRIMU SENDIRI.

Pada suatu hari Agus marah kepada anaknya si Ronaldo karena tidak mau diajak oleh Rudy pergi main bolah kaki. Ronaldo memang pencinta musik. Dia lebih betah di rumah berlatih musik. Agus sangat hoby nonton bolah kaki. Pemain favoritnya adalah Ronaldo CR7. Sehingga waktu isterinya melahirkan anaknya yg pertama, kebetulan laki laki, maka diberilah nama Ronaldo. Ketika masih bayi, ibunya selalu memutar lagu2 untuk mengantar tidur si Ronaldo. Sehingga hal itu membawa dampak pada jiwa Ronaldo. Dia menjadi gemar mendengar lagu. Tanpa setahu kedua orang tuanya, si Ronaldo diam diam belajar musik dari youtube di Smart Phone yg dia miliki. Kebetulan di rumahnya ada orgen, jadilah si Ronaldo semakin gila berlatih Orgen. Sehingga mau dipaksa main bolah, dia tidak pernah tertarik. Rupanya itu bukan hobynya.
Ibunya kebetulan memahami ilmu jiwa, sehingga dia menegur suaminya si Agus karena memaksakan anaknya harus bermain bolah.
"Pa, anak kita itu bakatnya main musik. Itu adalah hobynya. Atau sekarang itu dikenal dgn PASSION. Passion itu adalah talenta yg sudah Tuhan karuniakan pada setiap insan manusia sejak dia jadi janin. Itulah yng mendorong gairah, semangat, keinginan yg membara, hoby pada masing masing orang. Dan mereka akan berhasil sebagai olahragawan atau seniman, atau penulis, ketika mereka berlatih sesuai PASSION yg ada padanya". Begitulah isteri Agus memberikan penjelasan kpd suaminya.
Agus baru mengerti setelah isterinya menjelaskan. "Oh, begitu ya Ma. Salah ya kalau memaksa anak harus ikut apa yg kita mau". Tanya Agus kepada isterinya. "Ia Pa. Jadi jangan paksakan Ronaldo harus jadi pemain bola seperti idolamu CR7. Biarlah dia berkembang jadi dirinya sendiri". Jawan isterinya.
Suatu hari Agus menangis karena Ronaldo telah dinobatkan sebagai pemain Orgen terbaik pada lomba musik se Kabupaten. Agus teringat dulu selalu memarahi Ronaldo karena tidak mau berlatih bolah kaki. Kini dia mengerti bahwa menduplikasi atau memaksakan keinginannya pada anaknya tidaklah baik dan juga tidaklah benar. Karena anak harus dibiarkan berkembang mengikuti PASSION mereka. Dan itulah yg menjadikan mereka berhasil. Biarkan mereka mejadi diri mereka sendiri.

Semoga tulisan singkat ini bisa membantu memberikan pemahaman bagaimana kita bisa membuat anak kita berhasil sesuai PASSION yg ada pada diri mereka sendiri. Dan mereka menjadi diri mereka sendiri.

Be yourself. Jadilah dirumu sendiri. Bukan duplikasi orang lain.

Salam HELFRIED LOMBO, CALON DPD NO : 25

Tidak ada komentar:

Posting Komentar